Tuesday, March 27, 2007

UP Biologi, Ampun...

Kemarin, UP Biologi diadain. Dengan segenap doa dan usaha aku bertekad buat nyelesain nih UP dengan sukses. Tiap kelas memang nggak di kasih tau pasti mana yang bakal diuji. Emang dasar guru Biologi dari jaman ke jaman pada pelit sih, yang di kasih tau cuma 6 materi dengan kalimat, "Ya Ibu nggak tau keluar atau nggak, jadi kamu belajar saja semua dari materi kelas 1."

Hari H, seperti biasa, satu kelas dibagi dua dan masuk ke lab masing-masing, ngambil undian berhadiah materi dan duduk sesuai dengan nomor absen. Aku duduk paling belakang. Tanpa tau materi apa yang didapet, aku dan anak-anak lain pada duduk cengar-cengir dengan jas lab (yang tumben-tumbennya) menempel di seragam. Soal dibagiin dan begitu kubalik,
jreng... jreng...
Seolah terdengar suara yang bilang, "Selamat Anda Memenangkan Materi FERMENTASI."
Kali ini aku lega, biarpun bukan materi Uji Makanan, yah... gpplah, masih bisa...

Setelah "bla... bla... bla..." dibacain, guru biologi yang sangar mulai memencet stopwatch. Bak orang mau balapan, atau mungkin lomba masak, kita maju baris per baris buat ngambil alat dan bahan yang dah di sediain di meja depan. Sukses kali ini. Seenggaknya alat dan bahan yang kuambil cuma kurang 1, yaitu vaselin. Kebut-kebutan aku cari dan akhirnya dapet sedikit.

Mulai merakit, gampang, dah terhafal-hafal. Tapi pusingnya pas harus nimbang ragi 2 gram. Neracanya tuh, gedek. Akhirnya asal-asalan deh, takaran sendiri. Pura-pura nimbang, ketemu terus balik ke meja yang nun jauh di belakang sana. Merakit, Merakit, nempelin vaselin yang lengket-lengket dan minyak-minyak dan bikin lembar kerja jorok.

Belum selesai kekesalan karena lembar kerja jadi jorok, ternyata setelah 15 menit hasilnya nggak jadi, kacau, nggak ada perubahan apapun di tiap tabung! Mana guru pengawas pada keliling merhatiin lagi, mampus pikirku. Jalan terakhir adalah manipulasi data. Suhunya kutulis aja naik 1 derajat (padahal nggak) dan warna lebih muda sedikit (padahal juga nggak). Pokoknya asal ada deh!

Trus setelah ngambil data, kubongkar rakitan tadi, nyuci, trus tiba-tiba terdengarlah suara,"3 menit lagi!" Awalnya reaksiku cuma bengong, sok santai, kan dah selesai, tapi aku langsung tersadar, "Mampus, aku belum buat kesimpulan!!" Langsung aku berlari ke meja, cepet-cepet ngambil tissue, dengan tangan penuh vaselin yang lengket-lengket aku nulis asal-asalan. Kertas nambah jorok deh, ampun... Bener-bener nggak tau deh hasilnya begimana...

No comments: