Friday, March 23, 2007

Mana Apinya?

FTV: Kenapa Sich Mona Jadi Lisa?
Multivision Plus
Skenario: Agnes Jesicca
Tayang: Minggu, 18 Maret 2007


Kalo kamu salah satu penggemar FTV, pasti inget sama judul "Mona Jadi Lisa" yang pernah tayang dulu. FTV "KSMJL (singkat aja ya)" mengangkat tema yang sama, seorang cewek bernama Mona yang nyamar jadi Lisa bust ketemu sama seorang cowok. Tapi jangan pikir kalo nih FTV adalah sekuel lanjutan dari MJL lho! Soalnya biar penulis skenarionya sama dan pemain utamanya sama, KSMJL punya latar beda dan nggak ada hubungan sama sekali dengan tokoh-tokoh di MJL. Kalo di MJL kita bakal nemuin cerita anak SMA, di KSMJL kita bakal nemuin suasana pertokoan.

Mona bekerja di sebuah dept. store sebagai pegawai. Karena ia suka ceroboh, ia sering sekali kena semprot managernya dan gajinya selalu di potong. Suatu hari, Andre, anak pemilik dept. store tempatnya bekerja tanpa sengaja menabrak sebuah manekin hingga jatuh rusak ketika sedang mengejar orang. Mona yang berada di sana di tuduh merusak manekin itu dan gajinya pun dipotong lagi. Padahal Mona sedang butuh uang untuk pengobatan ibunya di kampung.


Karena nggak sanggup bayar uang kos, Mona diusir ibu kosnya dan ia menyelinap di gudang dept. store tempatnya kerja. Ia pun memutuskan untuk menjadikan gudang itu sebagai tempat tinggalnya sementara.
Sementara itu, Andre memutuskan untuk meninjau dept. store ayahnya dengan menyamar jadi pegawai. Ia sempat curiga karena Joni, pegawai di sana bertingkah aneh dan Andre sempat memergokinya mencuri pakaian untuk di jual kembali. Ia juga sempat binggung begitu di minta ibunya untuk bertemu dengan Lisa, anak dari teman ibunya yang ternyata dijodohkan untuknya. Lisa sendiri menolak begitu diminta. Karena itulah, Lisa meminta Mona menggantikan posisinya dan menolak Andre mentah-mentah dengan imbalan sebuah manekin. Mona yang perlu duit akhirnya setuju.


Sama seperti di MJL, di sini Andre di ceritakan tertarik dengan Mona. Lisa menyesal begitu melihat kegantengan Andre, ia memfitnah Mona supaya Andre benci pada Mona. Bedanya dengan MJL, Andre tetap tertarik dengan Mona dan mau mendengarkan alasan Mona yang sesungguhnya.


Ceritanya emang menarik abis. Apalagi pas ngelihat wajah ganteng Ben Joshua, betah deh nontonnya. Sayangnya, akting yang jadi Mona kadang agak kaku, belum lagi hal-hal ganjil yang ditemuin. Bisa dibilang ceritanya bagus tapi filmnya malah rada kaku. Kayaknya banyak hal-hal yang dianggep sepele. Misalnya pas adegan Joni dan temannya yang hendak mengejar Andre dan Mona yang berada di gudang. Andre dan Mona masuk ke sebuah ruangan. Joni yang tahu lantas mengangkat sebuah kayu yang cukup besar (kayu mebel buat sandaran ranjang kayaknya) buat mengganjal pintu dengan niat menggurung Andre dan Mona di dalamnya. Lalu joni mulai menuangkan bensin dan terlihat ia hendak membakar ruangan. Asap pun mengepul banyak... sekali. Andre dan Mona terkurung, saat Mona ketakutan Andre tiba-tiba melamar Mona. Masih masuk akal kalo mereka nggak berusaha keluar ruangan karena di depan pintu ada api yang menjalar.Tapi coba lihat apa yang ada di depan pintu saat keluarga Andre datang menyelamatkan mereka. Hanya ada sebuah tabung gas dan sebuah kayu di sana.

Mana apinya? Api yang tadi itu lho...
Kalo cuma gituan sih Andre kan bisa dobrak tuh pintu!
Mana Asap yang tadi keliatan banyak? Dari mana?
Keliatan deh kalo detail di film ini ga terlalu diperhatiin...

3 comments:

Primadonna Angela said...

wait wait wait... plotnya kok mirip banget ama la picara sonadora alias gadis pemimpi, telenovela yang kutonton waktu aku sma? terutama bagian tinggal di gudang toko dll.-nya. mungkin scriptwriter-nya terinspirasi kali yah...

Ruuvi said...

Masa sih mbak? Mungkin aja ya... Soalnya aku sendiri belum pernah nonton telenovela itu, dah lama banget, pas mbak SMA.

Primadonna Angela said...

iyap, aku ingat banget soalnya dulu telenovela masih gres banget. polanya benar-benar mirip. kurasa mbak agnes mungkin terinspirasi telenovela itu kali... :)